13 Cara Sederhana Membuat Dapur Terlihat Lebih Besar Dan Terang

Ketika berbicara tentang desain interior, persepsi adalah hal yang utama. Meskipun Anda tidak bisa secara ajaib membuat dapur Anda lebih besar, Anda pasti bisa membuka dan mencerahkan ruangan dengan beberapa perubahan dekoratif. Jangan khawatir—ada banyak cara untuk merenovasi dapur Anda tanpa menghabiskan banyak uang.

Pilih warna terang.

Buka ruang tamu Anda dengan mengecat ulang dinding dengan warna yang lebih terang. Warna gelap bisa membuat dapur Anda terasa lebih sempit dan sesak. Jadikan ruangan Anda sedikit lebih luas dengan warna cat yang lebih terang, seperti off-white, krem, abu-abu muda, atau kuning muda.

Putih bisa menjadi cara sederhana namun ampuh untuk mencerahkan dapur Anda dan membuatnya terasa lebih besar. Coba tambahkan warna putih pada dinding, lemari, meja, dan langit-langit untuk benar-benar membuka ruang Anda.

Dapatkan bohlam yang lebih terang.

Buka tutup bohlam Anda dan periksa watt saat ini. Intip perlengkapan lampu Anda dan lihat apakah ada watt yang disarankan. Jika perlengkapannya memungkinkan, pasang bola lampu yang lebih terang pada tempatnya.

Bola lampu putih hangat memiliki suhu antara 3.000 dan 4.000 Kelvin, dan menawarkan pilihan pencahayaan yang nyaman untuk dapur Anda.

Baca Juga :  Kanopi Dak Beton Teras Depan

Bola lampu putih terang memiliki suhu antara 4.000 dan 5.000 Kelvin. Warnanya lebih terang daripada bohlam putih hangat, tetapi kurang nyaman.

Hindari kontras warna yang besar.

Jaga agar dekorasi dapur Anda berwarna terang. Jangan mencampur dan mencocokkan skema warna terang dan gelap di dapur Anda. Jika Anda bekerja dengan ruangan kecil, kontras warna yang besar akan membuat dapur Anda terasa tidak seimbang dan tertutup. Sebaliknya, gunakan skema warna terang di seluruh dapur Anda, sehingga ruangan Anda terasa lebih luas.

Misalnya, jangan memiliki dinding dapur berwarna putih dengan lemari berwarna hitam. Sebagai gantinya, cat ulang lemari dengan warna putih, atau warna terang lainnya.

Gunakan lampu aksen.

Pasang lampu di bawah lemari Anda. Pencahayaan aksen menambah dimensi ekstra pada ruang tamu Anda, dan membantu mencerahkan ruang konter tengah. Cahaya ekstra mengurangi banyak kontras pencahayaan, sehingga membantu dapur Anda terasa lebih besar.

Anda juga dapat memasang lampu di sepanjang bagian atas meja Anda untuk menciptakan efek serupa.

Beberapa lampu di bawah kabinet dapat dipasang dengan strip magnetik atau perekat. Jenis lampu lain mungkin perlu dipasang ke kabinet Anda, atau dihubungkan ke sistem kabel Anda.

Singkirkan kekacauan.

Tempatkan semua gadget dan peralatan Anda di tempat yang telah ditentukan. Kekacauan ekstra pasti akan membuat dapur Anda terasa sesak. Untungnya, ada perbaikan yang mudah—singkirkan semua peralatan dan perlengkapan Anda segera setelah Anda selesai menggunakannya. Semakin sedikit kekacauan yang Anda miliki, dapur Anda akan terlihat semakin terbuka dan luas.

Baca Juga :  Menjelajahi Canopy Membrane di Jakarta

Jika dapur Anda cukup kecil, manfaatkan penyimpanan kreatif. Rak penyimpanan tersembunyi adalah cara terbaik untuk menyimpan barang Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang.

Pilih furnitur yang lebih kecil.

Manfaatkan ruang lantai Anda semaksimal mungkin. Anda tidak bisa mengubah ukuran dapur Anda, tapi Anda bisa mengubah apa yang ada di dapur Anda. Gantikan meja besar dan kikuk serta perabotan lainnya dengan pulau kecil—ini akan menyisakan banyak ruang terbuka, namun tetap memberi Anda tempat untuk menyiapkan makanan.

Anda mungkin juga menyukai furnitur yang dapat dilipat, seperti meja lipat yang dapat dikecilkan saat tidak sedang makan.

Prioritaskan cahaya alami.

Buka tirai atau gorden Anda. Ini mungkin tampak sedikit aneh pada awalnya, tetapi jendela kosong dapat menambah banyak cahaya pada dapur Anda. Jika Anda mengkhawatirkan privasi, gantungkan satu set tirai tipis yang memungkinkan banyak cahaya masuk ke dalam ruangan.

Tutup cermin.

Pantulkan cahaya ekstra ke dapur Anda dengan cermin yang indah. Temukan ruang dinding terbuka di dapur Anda yang bisa menampung cermin. Tidak harus berukuran besar—cermin berukuran apa pun akan memantulkan cahaya dan menambah sedikit kehidupan pada dapur Anda.

Misalnya, Anda bisa memasang 2 cermin besar yang memenuhi seluruh dinding dapur Anda.

Anda bisa menggantungkan cermin kecil berbentuk lingkaran di dinding sebagai hiasan yang lebih halus.

Beralih ke rak terbuka.

Lepaskan pintu lemari Anda untuk membuka ruang. Lemari yang tertutup memang bisa membuat dapur Anda terasa sempit dan sempit. Untuk sedikit memperluas ruang Anda, ambil obeng dan lepaskan pintu lemari Anda sepenuhnya.

Baca Juga :  Kanopi Rumah Kaca : Menyatu dengan Alam dalam Ruang Hijau

Jika Anda bukan penggemar rak terbuka, pasanglah pintu kaca depan di lemari Anda.

Pilih wallpaper bergaris.

Beralihlah ke wallpaper bergaris vertikal agar dapur Anda terlihat dan terasa lebih besar. Garis-garis vertikal membantu mengarahkan mata ke arah vertikal, yang dapat membuat ruangan Anda terasa lebih luas.

Jika Anda tidak ingin menambahkan wallpaper baru, tidak apa-apa! Gagang kabinet yang panjang dan lurus juga bisa menciptakan efek yang sama.

Tambahkan backsplash putih.

Cerahkan ruangan Anda dengan backsplash putih. Pilih backsplash yang terbuat dari ubin kereta bawah tanah atau marmer, yang akan memantulkan banyak cahaya. Tambahkan ubin putih di atas seluruh bentangan meja Anda, yang membantu membuat ruangan Anda terasa lebih cerah.

Mainkan dengan pola yang berani.

Hiasi dapur Anda dengan pola geometris atau diagonal. Pilih wallpaper dengan pola seperti ini, atau pilih permadani dan perabotan lain dengan desain ini. Pola geometris dan diagonal menarik perhatian Anda ke beberapa arah berbeda, yang dapat membuat ruangan Anda terasa lebih besar.

Misalnya, Anda bisa menggantungkan wallpaper geometris, atau membentangkan permadani bergaris diagonal di lantai.

Pasang permukaan reflektif.

Hiasi dapur Anda dengan peralatan dan bahan berkilau. Tambahkan beberapa permukaan logam ke dapur Anda, seperti kulkas baja tahan karat atau microwave. Anda juga dapat menambahkan backsplash ubin kaca ke meja dapur Anda, yang akan memantulkan banyak cahaya dan mencerahkan ruangan.

Cahaya yang dipantulkan akan membuat dapur Anda terasa lebih besar.

Jangan lupakan perangkat kerasnya! Anda dapat membuat dampak besar hanya dengan memperbarui keran dan tarikan laci Anda.

Tinggalkan komentar