Cara Memperbaiki Chip Di Meja Kuarsa: 3 DIY

Meskipun kuat, meja kuarsa dapat terkelupas atau retak karena usia dan kecelakaan. Namun, dalam banyak kasus, Anda dapat memperbaiki area yang terkena tanpa harus mengganti seluruh pelat—jika serpihannya kecil, cukup diisi dengan lem super, epoksi, atau dempul. Bacalah cara terbaik untuk memperbaiki keripik atau retak pada meja Anda, serta cara mencegah terjadinya keripik di masa mendatang.

Memperbaiki Keripik Kecil dengan Lem Super, Pengisi Perekat, atau Epoksi

Bersihkan meja dengan sabun cuci piring dan air. Singkirkan debu dan kotoran di sekitar chip sebelum Anda mulai memperbaikinya. Bersihkan meja dengan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air sabun hangat. Jangan pernah menggunakan pemutih atau amonia pada kuarsa, karena dapat membuat permukaannya kusam.

Tunggu hingga benar-benar kering sebelum memulai perbaikan.

Kelilingi chip dengan selotip. Tempelkan selotip di sekitar area yang terkelupas untuk memudahkan pengaplikasian perekat dan mencegah noda. Dekatkan selotip ke chip, tetapi jangan tumpang tindih.

Perbaiki retakan pada meja berwarna terang dengan lem super. Pengisi perekat atau lem super adalah bahan yang bagus untuk memperbaiki serpihan kecil pada permukaan ringan. Oleskan lem tipis-tipis di atas chip dengan kuas atau spatula hingga area tersebut kembali sejajar dengan permukaan. Diamkan lem setidaknya selama 24 jam.

Jangan menggumpalkan lem karena akan membuat proses pengawetan memakan waktu lebih lama.

Gunakan lem super untuk permukaan yang terkelupas dan bahan perekat yang lebih tebal untuk bagian tepi yang terkelupas.

Jika Anda masih memiliki bagian yang terkelupas, gunakan lem super untuk merekatkannya kembali.

Baca Juga :  Renovasi Atap Rumah Ganti Baja Ringan untuk Kebutuhan yang Lebih Baik

Gunakan perekat epoksi berpigmen untuk penghitung berwarna gelap atau bertekstur. Jika Anda memiliki meja berwarna gelap, pilihlah epoksi berpigmen daripada lem super. Campurkan epoksi sesuai petunjuk pada kemasannya (biasanya perbandingannya adalah 1:1) dan tambahkan pewarna. Oleskan lapisan tipis dengan spatula hingga serpihannya penuh, lalu kikis kelebihannya. Biarkan mengering selama 24 jam.

Campuran epoksi mungkin menyusut sedikit saat dikeringkan, jadi lebih baik untuk mengisi chip secara berlebihan dan mengampelas kelebihannya nanti daripada mengisinya terlalu sedikit.

Sekali lagi, gunakan epoksi untuk memasang kembali bagian yang terkelupas jika Anda memilikinya.

Ratakan pinggirannya dengan silet dan amplas. Setelah chip terisi penuh, bersihkan sisa epoksi dengan menggeser pisau ke permukaan. Gunakan amplas super halus dengan grit 360 hingga 600 untuk menghaluskan tambalan setelah mengeras, yang biasanya memakan waktu sekitar 24 jam.

Menambal Retak Permukaan dengan Caulk

Bersihkan area yang retak. Gunakan kain lembab dan sabun cuci piring untuk membersihkan area tersebut sebelum Anda mulai. Keringkan secara menyeluruh sebelum memulai perbaikan.

Tempelkan selotip di sekitar celah untuk menghindari noda dempul. Bekerja dengan dempul bisa menjadi berantakan, jadi tempelkan selotip di sekitar celah agar tidak mengenai sisa meja. Ini juga membantu Anda mendapatkan garis yang rata saat mendempul retakan.

Peras dempul pada celahnya. Peras perlahan dempul ke bagian terbesar retakan dengan tabung atau pistol dempul. Bergeraklah dengan mantap saat Anda mengisi sisanya.

Jika Anda merasa tidak bisa mendapatkan garis halus dalam sekali percobaan, gunakan dempul akrilik uretan. Lebih mudah untuk membersihkannya, dan Anda dapat mengaplikasikan lapisan kedua di atasnya jika diperlukan.

Baca Juga :  Cara Renovasi Rumah Dengan Budget Minim

Kenakan sarung tangan karet saat menangani dempul silikon.

Ratakan dempul secara merata. Gunakan spatula untuk menghilangkan sisa dempul, lalu ratakan dan ratakan garisnya dengan plastik keras atau jari telunjuk Anda yang basah. Ulangi proses ini sampai serpihan atau retakan sejajar dengan bagian meja lainnya.

Lepaskan selotip dan biarkan mengering. Setelah retakan terisi, lepaskan selotip dan biarkan dempul mengering selama waktu yang ditentukan oleh produsen.

Kikis perlahan sisa dempul kering dengan silet.

Menggunakan Kit Perbaikan Kuarsa Light-Cure

Isi permukaan yang terkelupas dan retak dengan akrilik. Keluarkan bahan pengisi dari peralatan perbaikan kuarsa Anda (seringkali dalam bentuk jarum suntik), dan beri tip, jika diperlukan. Peras bahan pengisi ke dalam chip hingga penuh.

Tutupi chip dengan strip pengawet. Tempatkan strip pengawet, atau lembaran plastik tipis, di atas chip. Strip tersebut menekan material ke dalam lubang dan memastikan area tersebut benar-benar rata. Ratakan semuanya dengan menggunakan stik es krim atau pengaduk kopi di atas strip.

Keringkan akrilik dengan lampu LED. Perbaikan light-cure menggunakan—Anda dapat menebaknya—ringan untuk mengeraskan material yang mengisi celah. Ambil lampu dari perangkat Anda, letakkan di dudukannya, dan posisikan di atas chip. Nyalakan lampu dan diamkan selama 5-10 menit.

Dekatkan cahaya sedekat mungkin tanpa menyentuh strip pengawet.

Jika akrilik terasa keras saat disentuh, berarti proses curing sudah selesai. Jika terasa lembut atau norak, letakkan di bawah cahaya.

Ampelas dan poles meja Anda. Setelah akrilik mengeras, seka area tersebut dengan alkohol, dan periksa apakah permukaannya benar-benar rata. Jika tidak, gunakan amplas dari perangkat Anda untuk menghilangkan kelebihan akrilik, beri beberapa tetes air di atasnya, lalu gunakan amplas pemoles yang sangat halus untuk menghaluskan semuanya.

Baca Juga :  Tips Renovasi Kamar Ukuran Kecil Dengan Sempurna

Ampelas meja Anda dengan sangat lembut—menggunakan terlalu banyak tekanan dapat menggores permukaan.

Poles area tersebut dengan pasta berbutir halus, jika kit Anda menyertakannya.

Mencegah Retak dan Keripik

Gunakan talenan. Kuarsa dapat rusak oleh benda tajam, jadi jangan pernah memotong makanan langsung di atasnya. Sebagai gantinya, gunakan talenan.

Letakkan barang-barang panas dan dingin di atas bantalan atau sarung tangan oven. Meskipun kuarsa dapat menahan panas untuk sementara waktu, perubahan suhu yang cepat dapat menyebabkan meja Anda retak. Jika Anda mempunyai teko air dingin atau panci panas dari kompor, jangan menaruhnya langsung di atas meja.

Jauhkan benda berat dari meja. Jika Anda menyimpan benda-benda berat (seperti panci dan wajan atau mangkuk berisi buah-buahan) di atas meja, kemungkinan besar akan terbentuk retakan di bagian tepinya. Hiasi meja Anda dengan barang-barang ringan, dan berhati-hatilah saat memindahkan barang-barang, terutama di dapur. Meja dapur bisa pecah jika terkena wajan yang berat.

Jika Anda harus meletakkan sesuatu yang berat di atas meja—misalnya, mixer berdiri—letakkan secara perlahan. Menjatuhkan sesuatu yang berat dapat langsung menimbulkan retakan atau keripik.

Cuci meja dengan sabun dan air. Meja kuarsa terbuat dari resin, sehingga pembersih yang bersifat abrasif atau asam dapat merusak lapisan penutup dan menyebabkan retakan. Gunakan air sabun untuk membersihkan meja Anda.

Dapatkan seorang profesional untuk memasang penghitung Anda. Jika meja dipasang dengan buruk, risiko meja terkelupas jauh lebih tinggi. Selalu pekerjakan seorang profesional untuk melakukan pekerjaan itu. Mereka tidak hanya dilatih untuk memasang meja dengan benar, tetapi mereka juga mengetahui bahan mana yang terbaik untuk digunakan dan tahan paling lama.

Tinggalkan komentar